Dukung Green Tourism, PLN Gunakan Energi Baru Terbarukan untuk Suplai Utama Kelistrikan di F1H2O

Komitmen PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara dalam mendukung target pemerintah mencapai 'net zero emission' pada 2060, sekaligus juga menjangkau sektor pariwisata

topmetro.news – Komitmen PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara (Sumut) dalam mendukung target pemerintah mencapai ‘net zero emission’ pada 2060, sekaligus juga menjangkau sektor pariwisata. Hal ini terbukti pada pergelaran tahun kedua kejuaraan dunia balap perahu supercepat F1 Powerboat (F1H2O) yang menggunakan energi baru terbarukan.

General Manager PLN UID Sumatera Utara Saleh Siswanto mengatakan, perhelatan kejuaraan dunia tahun ini akan berbeda dengan tahun sebelumnya. Di mana tahun ini, PLN akan mensuplai seluruh kelistrikan dengan menggunakan Energi Baru Terbarukan (EBT).

“Tahun lalu suplai kelistrikan di panggung utama masih menggunakan suplai dari genset yang disediakan dari pihak inJourney. Tahun ini seluruh kebutuhan kelistrikan akan disuplai penuh oleh PLN dengan menggunakan bauran energi yang ramah lingkungan,” pungkas Saleh.

Saleh menambahkan, untuk memenuhi kebutuhan kelistrikan selama kejuaraan internasional tersebut, PLN telah mempersiapkan dua pembangkit menggunakan Energi Baru Terbarukan (EBT). Di antaranya PLTM Hutaraja dengan kapasitas 2×2,5 MW dan PLTM Aek Silang 2 dengan kapasitas 2×5 MW.

Tidak hanya itu, PLN UID Sumut juga telah memperkuat jaringan ‘back up’ 20 kV dengan melakukan modifikasi jaringan. Sehingga ini nantinya akan mempermudah ‘maneuver’ dan perbaikan kualitas parameter tegangan yang akan terkirim ke Balige.

Terbesar

Modifikasi jaringan ini juga akan memberikan akses yang lebih besar kepada pemanfaatan pembangkit EBT. Khususnya PLTM Aek Silang 2 untuk mendukung ‘back up’ kebutuhan sistem Balige selama perhelatan.

“Dengan penggunaan EBT yang mencapai 40.49 persen, Sumatera Utara menjadi wilayah penggunaan listrik EBT terbesar di Indonesia,” tambah Saleh.

Saleh juga menjelaskan, saat ini PLN UID Sumut terus berbenah dan melakukan berbagai persiapan dalam menghadirkan listrik yang andal dan berkualitas.

“Dalam waktu dekat PLN akan menggelar apel siaga kelistrikan. Kemudian dilanjutkan seluruh persiapan telah rampung dan simulasi pengamanan kelistrikan dapat berjalan dengan baik. Sehingga apabila terjadi gangguan yang tidak diinginkan dapat teratasi dengan cepat,” tutup Saleh.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment